Tuty Ratna

Online Business, Online PR and Social Media

“SAYING NO” FOR OL-SHOP BAD REVIEW

Mengingat banyaknya bisnis online yang berkembang serta tawaran manis yang diberikan kepada konsumen dalam bebelanja online, sepertinya prinsip kehati-hatian merupakan harga mati bagi konsumen.

Sebagai konsumen, hal utama yang harus diperhatikan dalam belanja online adalah kejelian melihat testimoni dan review toko yang menjajakan produknya di dunia maya. Apabila review toko tersebut jelek, langsung  no saja.  Namun jika memiliki banyak review bagus, biasanya relatif aman.

Belanja online memang lebih nyaman dan dapat menghemat waktu karena langsung diantar ke rumah. Hanya saja, masalah yang sering dihadapi konsumen Indonesia karena keterlambatan produk sampai di rumah.

Masalah lainnya, produk yang sampai ke konsumen belum tentu sesuai dengan apa yang dilihat dalam katalog yang ditawarkan. Jika memang tidak sesuai harapan lebih baik untuk tidak belanja di tempat itu lagi dan cari toko yang lain karena kalau complain pun membutuhkan proses yang lama.

Saya pernah membaca di Bisnis Indonesia bahwa YLKI kesulitan dalam menanggapi setiap pengaduan dan keluhan yang masuk  karena belanja lewat jejaring sosial seperti Facebook. Hal ini dikarenakan alamat si penjual yang tidak jelas. Untuk itu konsumen harus yakin betul bahwa dia bertransaksi dengan lembaga yang kredibel, punya alamat kantor dan alamat surat yang jelas serta nomor telepon, sehingga kalau terjadi persoalan, ada pihak yang bisa dimintai pertanggungjawaban.

Terdapat beberapa aspek yang harus diperhatikan konsumen dalam konteks transaksi online yaitu:

  1. consumen education dimana konsumen memahami,membaca isi term and condition dan privacy statement serta policy nya karena data konsumen telah berpindah.
  2. Safe regulation dimana konsumen harus membaca dengan teliti penjualan lewat online apakah perusahaan itu punya safe regulation dan bagaimana dia melindungi konsumennya.
  3. Teknologi dimana apakah security online nya tersertifikasi oleh pihak ketiga sehingga data konsumen itu terproteksi berlapis-lapis.

Dengan teliti sebelum membeli sepertinya tidak ada keraguan untuk mencoba berbelanja lewat online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on October 30, 2012 by in Artikel, Bisnis Online.
%d bloggers like this: