Tuty Ratna

Online Business, Online PR and Social Media

Kekompakan dan Sense of Crisis dalam PR

Siang itu kolega saya menelpon dari kantornya menceritakan kejadian yang baru saja dia alami di tempat kerjaan. Karena dia seorang sanguinis jadi sangat dapat dibayangkan seperti apa hebohnya dia menceritakan kejadian tersebut. Sengaja saya tuliskan di sini karena saya anggap kejadian yang kolega saya alami tersebut ada kaitannya dengan penerapan Public Relation di sebuah perusahaan. Dengan tidak mengurangi rasa hormat dan hanya semata-mata untuk memperkaya ilmu pengetahuan, saya rasa tidak ada salahnya saya ungkapkan di sini.

Kolega saya ini adalah seorang yang menempati posisi sebagai public relation di perusahaannya. Menurut saya dia memiliki kapabilitas yang cukup untuk menjadi seorang public relation.  Didukung dengan teori yang dia dapatkan di bangku kuliah dan praktek dilapangan membuat kolega saya ini menjadi salah satu pentolan public relation di perusahaannya.

Pagi kemarin, kolega saya beserta tim public relation di kantornya sedang mengadakan acara media gathering melalui acara ramah tamah dan makan siang bersama para wartawan media dan direksi di perusahaannya. Cukup banyak juga mainstream media di level wartawan dan photographer yang diundang, sekitar 30 orang . Antara lain dari Bisnis Indonesia, Investor Group, Kontan, Jakarta Post, Infobank, Koran Sindo, TRUST, Antara, SWA, dan lain-lain. Terbayang di benak saya bahwa akan ramai sekali acara tersebut , tentunya ramai dengan pertanyaan-pertanyaan dari wartawan menyangkut press release yang disampaikan oleh para direksi.

Menurut kolega saya, pada awalnya kegiatan tersebut berjalan lancar sesuai dengan rundown acara, press release yang disampaikan oleh para direksi pun di ikuti dengan tertib oleh para media yang diundang. Namun ketika acara makan siang bersama, beberapa wartawan mencoba untuk bertanya kepada direksi mengenai hal-hal yang sebenarnya tidak perlu untuk di jawab oleh direksi. Pertanyaan-pertanyaan di luar press release biasanya akan ditangani oleh public relation sebagai corong dari perusahaan dan hal itu telah disepakati bersama oleh direksi.

Namun, pada siang harinya setelah acara tersebut selesai,kira-kira selang 2-3 jam kemudian, muncul berita yang membuat kolega saya beserta timnya merasa kaget karena ada pemberitaan yang tidak sesuai dengan yang disepakati atau keluar dari tema pencapaian kinerja perusahaan. Pemberitaan yang cukup sensitif tersebut menyebabkan kehebohan dan perlu klarifikasi. Menurut pemberitaan tersebut, salah seorang direksi lah yang menyampaikan informasi yang memang sedang sensitif tersebut.  Pemberitaan ini tidak hanya akan membuat buruk citra perusahaan juga akan menimbulkan konflik antar pihak-pihak yang tersangkut dalam pemberitaan tersebut.

Saya cukup salut dengan kolega saya itu karena dia memiliki sense of crisis yang lumayan tinggi, meskipun dilingkupi rasa tegang, marah dan stress dia cukup bisa berpikir tenang sehingga bisa mengambil langkah terbaik untuk menyelesaikan masalah tersebut. Sebagai seorang PR dia mengetahui dengan pasti akan peran, fungsi, tugas dan tanggung jawabnya. Dia  menyadari bahwa isu akan PR pasti saja ada jadi dia harus siap dan “pasang badan” untuk kepentingan perusahaan.

Dari cerita singkat tersebut, mungkin kita dapat menarik pembelajaran bahwa kesuksesan PR hanya akan dicapai jika bekerja dengan tim yang solid. Kekompakan harus ada diantara para tim PR dan tentunya Direksi sebagai seseorang yang perlu dijaga oleh sang PR. Semua unsur harus satu kata dan perlu mengerti akan posisinya. Keberanian, kejernihan pikiran dan sense of crisis sangat dibutuhkan oleh seorang PR dalam menangani isu-isu PR yang tejadi.

Leave a Reply

Information

This entry was posted on October 3, 2012 by in Public Relation and tagged , , .
