Tuty Ratna

Online Business, Online PR and Social Media

Belanja Online : Antara Keamanan, Kenyamanan dan Kepercayaan

Masih ingat kalimat terakhir pada tulisan saya sebelumnya? Bahwa kunci utama bisnis online terletak pada pola relasi dengan pelanggan secara terbuka. Itu sebabnya, selain didukung oleh alamat website yang profesional, juga penting memberikan informasi yang jelas, baik kontak maupun alamat sesuai dengan yang terpampang di laman. Pastikan pelanggan mudah menghubungi dan memperoleh informasi apapun saat menghubungi kita.

Terkait dengan hal itu, memang saat ini siapa saja bisa membuka lapak bisnis online. Hal ini tentunya sangat bagus untuk perkembangan bisnis online. Namun, dengan semakin menjamurnya lapak-lapak toko online, tidak menutup kemungkinan adanya isu perlindungan konsumen yang rendah. Konsumen yang merasa tertipu karena barang tidak terkirim sedangkan uang sudah ditransfer, konsumen yang mendapatkan barangnya tidak sesuai spek yang diinformasikan, dsb. Padahal keberlangsungan bisnis online ini justru terletak dari adanya kepercayaan kedua belah pihak yaitu konsumen dan produsen/penjual/reseller, nama baik dari toko online kita adalah nadi dari keberlangsungan hidup bisnis online tersebut.

Saat ini untuk melindungi kepentingan konsumen, pemerintah menggunakan UU Perlindungan Konsumen dan menjerat pelaku penipuan dengan pasal tindak kriminal, namun sepertinya akan sulit jika menjerat pelaku penipuan di dunia maya. Untuk itu sepertinya memang pemerintah perlu mengatur lalu lintas perdagangan sekaligus melindungi konsumen yang bertransaksi tanpa tatap muka ini.

Saya pernah menbaca bahwa memang saat ini pemerintah sedang menggodok rancangan Undang-undang Perdagangan yang didalamnya akan memuat bisnis online. Rencananya RUU yang berisi peraturan bisnis online akan mencakup tentang kewajiban orang atau badan usaha yang memperdagangkan barang dan/atau jasa yang menggunakan system elektronik untuk menyediakan data dan/atau informasi secara lengkap dan benar. Data tersebut mencakup identitas dan legalitas setiap pelaku usaha sebagai produsen atau lembaga usaha perdagangan. Pemerintah juga mewajibkan setiap penyelenggara untuk memenuhi persyaratan teknis barang dan kualifikasi barang yang ditawarkan. Wow…

Bagi saya sebagai pelaku bisnis online,  merasa bersyukur karena meskipun belum diberlakukannya Undang-undang ini, toko.me telah menganut asas keterbukaan informasi, baik informasi mengenai identitas pemilik (email, nomor handphone), informasi keberadaaan/stok barang, informasi singkat barang yang ditawarkan, total pembelanjaan, pilihan cara pembayaran, waktu pengiriman barang dan service after sales. toko.me juga akan mengirimkan informasi mengenai new product dan product knowledge yang diharapkan berguna untuk menambah pengetahuan konsumen terhadap brand produk yang ditawarkan sehingga  tidak jarang konsumen yang semula tidak dikenal menjadi dekat dengan pertemanan baik di Facebook maupun lewat Blackberry Group. Jadi memang keamanan dan kenyamanan berbelanja lah yang dikedepankan.

Yang jelas, menanggapi akan dikeluarkannya undang-undang tersebut, kalau boleh berpendapat, saya selaku salah satu pelaku bisnis online, rasanya pemerintah mengeluarkan undang-undang tersebut tidak lain dan tidak  bukan memang merupakan salah satu bentuk concern pemerintah akan bisnis ini, adanya intervensi untuk melindungi  dari kasus penipuan yang berakibat pada kerugian pelaku bisnis maupun konsumen. Saya tidak keberatan asal aturan dari regulator tersebut jelas, bentuknya seperti apa, bagaimana kewajiban dan haknya. Harapan terbesarnya adalah agar aturan tersebut dapat mengedepankan kepentingan masyarakat dan pelaku bisnis secara umum.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 24, 2012 by in Artikel, Bisnis Online and tagged , .
%d bloggers like this: