Tuty Ratna

Online Business, Online PR and Social Media

Bagaimana Mengoptimalkan Bisnis Online?

Sejalan dengan pertumbuhan pengguna Internet di Indonesia, bisnis online ternyata kian marak.Lihat saja dalam lima tahun terakhir kira-kira pengguna Facebook mencapai 42 juta pendaftar dan Twitter sekitar 19 juta. Pengguna Android naik empat kali lipat dan Indonesia merupakan pengguna Blackberry terbesar di Asia Tenggara (Bisnis Indonesia,16 September 2012). Dengan demikian potensi untuk berbisnis di dunia maya melalui internet cukup memberikan peluang.

Saya yakin diantara Anda adalah pengguna internet aktif yang memanfaatkan jejaring dunia maya untuk menjalankan usaha melalui bisnis online. Saya termasuk salah satunya. Saya mencoba belajar di bisnis dunia maya ini dengan membuat website toko online, www.toko.me. Bukan bermaksud cuma ingin mengikuti trend saat ini tapi saya berniat memajukan toko.me untuk nantinya menjadi sandaran pendapatan ketika saya akan memutuskan untuk resign dari tempat saya bekerja sekarang.

Menurut saya daya tarik bisnis online adalah dalam mencari barang yang kira inginkan, kita tidak perlu bermacet-macet menuju toko yang dimaksud, menghemat biaya transportasi dan energi kita karena cukup dengan memanfaatkan situs pencari, informasi yang dibutuhkan sesaat itu pula langsung tersedia. Dari sisi pemasaran, bisnis online bisa langsung mengarah kepada pengguna langsung alias end user. Selain itu modalnya relatif kecil dan tidak perlu ruang kantor yang luas untuk menjalankannya. Dari sisi pasar, jangkauan pasarnya cukup luas, tidak terbatas dan dapat beroperasi 24 jam penuh.

Seperti yang dikutip dalam harian bisnis indonesia tanggal 16 September 2012, bahwa dalam membangun bisnis online, menurut Rivaie Arbie, praktisi bisnis online dari Dipa Mitra Cyber, mengatakan bisnis online dapat dibedakan menjadi tiga kelompok besar.

  1. Publikasi konten yang dikemas dalam bentuk portal berita berupa blog
  2. Jual beli produk (ecommerce) atau yang biasa disebut toko online. Kita dapat menawarkan produk atau jasa melalui bisnis ini
  3. Pemasaran afiliasi atau dalam bahasa dagang umumnya disebut makelar atau broker.

Terkadang, bagi kita yang telah memiliki blog atau toko online sering merasa gelisah karena blog atau toko online kita belum mendatangkan keuntungan maksimal. Menurut Ivan disebutkan bahwa untuk mengoptimalkan bisnis online seperti blog, hal pertama yang diperhatikan adalah konten sehingga blogger perlu memiliki kemampuan menulis terutama bahasa inggris. Demikian pula dengan toko online, pebisnis perlu memiliki alamat toko online, harus membantu pengunjung untuk menemukan toko yang kita punya dengan cara mendaftarkan toko online kita memalui marketplace atau direktori jual beli maupun forum jual beli online, serta mamanfaatkan jejaring sosial seperti facebook dan twitter.

Terakhir dari tulisan ini, ternyata kunci utama bisnis online terletak pada pola relasi dengan pelanggan secara terbuka. Itu sebabnya, selain didukung oleh alamat website yang profesional, juga penting memberikan informasi yang jelas, baik kontak maupun alamat sesuai dengan yang terpampang di laman. Pastikan pelanggan mudah menghubungi dan memperoleh informasi apapun saat menghubungi kita.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on September 22, 2012 by in Artikel, Bisnis Online.
%d bloggers like this: