Tuty Ratna

Online Business, Online PR and Social Media

SISI POSITIF DAN NEGATIF MEDIA SOSIAL

Masih ingatkan Anda bagaimana sulitnya untuk berkomunikasi dengan orang lain di luar kota, luar pulau, atau luar negeri pada sekitar 20 tahun yang lalu? Bisa saja menggunakan telepon tapi tariff teleponnya masih mahal luar biasa atau bisa saja pakai surat tapi lamanya bukan main untuk sampai ke tempat tujuan. Hal ini membuat orang, relasi dan keluarga yang terpisah jauh menjadi sangat sulit untuk dihubungi. Namun sejalan dengan perkembangan jaman yang ditandai dengan perkembangan teknologi membuat berkomunikasi yang berbeda jarak dan zona waktu menjadi semudah membalikkan telapak tangan.

Perkembangan media sosial-lah yang memiliki andil besar dalam memberikan kemudahan bagi manusia untuk berkomunikasi dan bersosialisasi.
Kalau kita telaah kembali arti Media sosial adalah sebuah media online dengan par penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, jejaring social, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Media sosial memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1. Pesan yang disampaikan tidak hanya untuk satu orang saja namun bisa keberbagai banyak orang seperti pesan melalui SMS ataupun internet.
2. Pesan yang disampaikan bebas, tanpa harus melalui suatu gatekeeper.
3. Pesan yang disampaikan cenderung lebih cepat dibandingkan media lainnya.
4. Penerima pesan yang menentukan waktu interaksi.

Perkembangan media sosial ini tidak terlepas dari peran era Friendster dan Myspace, era Facebook dan Twitter serta yang terbaru adalah Google Plus. Media-media ini berpengaruh terhadap hubungan dan interaksi sosial kita sehari-hari:
1. Memudahkan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang. Bayangkan sewaktu media sosial belum booming, kita bisa mengenal artis pujaan hanya lewat Koran, majalah ataupun acara televisi dan sifatnya pasif. Namun sekarang, setelah berbagai media sosial muncul, para artis memiliki akun Twitter ataupun Facebook yang memungkinkan mereka untuk berinteraksi dengan para penggemarnya secara aktif. Disisi lain, kita yang memiliki saudara/keluarga yang terhalang jarak tempuh dan zona waktu dapat dengan mudah berinteraksi dengan mereka secara aktif meskipun tidak bertatap muka langsung.

2. Memperluas pergaulan media sosial membuat Anda bisa memiliki banyak koneksi dan jaringan yang luas. Tentu saja ini memberikan dampak positif jika Anda ingin mendapatkan pekerjaan, teman atau bahkan mencari pasangan dari tempat yang jauh atau Negara asing.

3. Jarak dan waktu bukan lagi masalah. Saat ini hubungan jarak jauh bukan lagi halangan besar karena media sosial membuat anda tidak lagi harus mengirim surat tiap minggu kepada pasangan Anda yang sedang bekerja jauh di luar kota atau luar negeri.

4. Lebih mudah dalam mengekspresikan diri. Media sosial memberikan sarana baru bagi manusia dalam mengekspresikan diri. Orang biasa, orang yang pemalu, atau orang yang selalu gugup mengungkapkan pendapat di depan umum akhirnya mampu menyuarakan diri mereka secara bebas. Meskipun memberikan banyak manfaat, ternyata media sosial tidak selalu memberikan pengaruh yang baik dalam hubungan sosial.

Perkembangan media sosial tidak hanya dapat memberikan pengaruh positif namun memiliki beberapa pengaruh negatif yang patut kita waspadai.
1. Menjauhkan orang-orang yang sudah dekat. Orang yang terjebak dalam media sosial memiliki kelemahan besar, yaitu berisiko mengabaikan orang-orang di kehidupan sehari-harinya. Jangan heran apabila Anda lebih sering menghabiskan waktu berinteraksi di dunia maya, apalagi sekarang teknologi smartphone semakin memudahkan Anda untuk mengakses internet.

2. Rentan terhadap pengaruh buruk orang lain. Seperti di kehidupan sehari-hari, jika Anda tidak menyeleksi orang-orang yang berada dalam lingkaran sosial Anda, hal itu akan lebih rentan terhadap pengaruh buruk. Bahkan menurut John Cacioppo, seorang peneliti dari Universitas Chicago, media sosial bisa mempengaruhi mood Anda, bergantung dengan siapa Anda menghabiskan waktu dan terhadap siapa Anda memberikan perhatian di media sosial.

3. Masalah privasi. Memiliki banyak teman di media sosial tidak selalu menguntungkan, terutama apabila Anda sering mengungkapkan sesuatu yang seharusnya tidak diketahui orang lain. Media sosial bisa dengan mudah memperburuk citra diri Anda jika Anda tidak memanfaatkannya dengan benar karena apa yang Anda tulis, tautkan, dan unggah bisa dengan mudah dilihat oleh orang lain.

Hubungan Anda dengan orang lain pun bisa terganggu jika Anda menulis sesuatu yang tidak pantas. Selain itu, apakah Anda pernah menyadari bahwa orang lain bisa mengenal Anda tanpa harus sering berkomunikasi dengan Anda? Jika Anda tidak membatasi privasi di media sosial, media sosial hanya akan menjadi “bumerang” dalam hidup Anda.
Kesimpulannya, pertama, Anda harus bisa menyeimbangkan antara hubungan di dunia nyata dengan hubungan di media sosial. Anda harus bisa menjadikan media sosial sebagai suatu tambahan berharga bagi pergaulan di dunia nyata, bukan malah menggantikannya. Kedua, Anda harus memahami mana yang boleh diungkapkan di media sosial dan mana yang tidak. Ingat, media sosial akan sangat merugikan, apabila Anda tidak bisa melindungi privasi Anda.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on November 2, 2012 by in sosial media and tagged , , .

Navigation

Top Clicks

  • None
November 2012
M T W T F S S
« Oct    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930  
Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: